Tarif Bunga PBB Terbaru Januari 2024: Sanksi, Imbalan, dan Tips Bayar Tepat Waktu

Pajak
sumber gambar : zupyak.com

Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) merupakan salah satu sumber pendapatan negara yang penting. Agar pembangunan infrastruktur dan sektor publik lainnya dapat berjalan lancar, kelancaran pembayaran PBB menjadi hal yang krusial. Untuk memastikan kepatuhan wajib pajak dan menjamin kelancaran penerimaan PBB, pemerintah menetapkan tarif bunga untuk sanksi administrasi dan imbalan bunga. Tarif bunga terbaru untuk periode Januari 2024 telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri Keuangan Nomor 54 /KM.10/2023.

Mengenal Lebih Jauh Tarif Bunga PBB:

1. Sanksi Administrasi:

Setiap keterlambatan pembayaran PBB akan dikenakan sanksi administrasi berupa denda yang dihitung berdasarkan tarif bunga tertentu. Tarif tersebut bervariasi tergantung pada pasal yang dilanggar, seperti:

  • Pasal 19 ayat (1), (2), dan (3): 0,55% per bulan (Nol koma lima lima persen)
  • Pasal 8 ayat (2), (2a), Pasal 9 ayat (2a), (2b), dan Pasal 14 ayat (3): 0,97% per bulan (Nol koma sembilan tujuh persen)
  • Pasal 8 ayat (5): 1,38% per bulan (Satu koma tiga delapan persen)
  • Pasal 13 ayat (2) dan (2a): 1,80% per bulan (Satu koma delapan persen)
  • Pasal 13 ayat (3b): 2,22% per bulan (Dua koma dua dua persen)

2. Imbalan Bunga:

Tidak hanya dikenakan sanksi administrasi, wajib pajak yang melakukan kelebihan pembayaran PBB juga dapat memperoleh imbalan bunga. Imbalan bunga ini dihitung berdasarkan tarif yang sama dengan sanksi administrasi Pasal 19 ayat (1), (2), dan (3), yaitu 0,55% per bulan (Nol koma lima lima persen).

Tips Membayar PBB Tepat Waktu dan Mengoptimalkan Keuntungan:

  • Catat tanggal jatuh tempo pembayaran PBB Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan mencatat pada kalender atau mengaktifkan pengingat di ponsel.
  • Manfaatkan berbagai metode pembayaran yang tersedia. Saat ini, pembayaran PBB dapat dilakukan secara online melalui website/aplikasi perbankan, ATM, kantor bank, atau kantor pos.
  • Aktifkan e-billing PBB. Dengan e-billing, Anda akan menerima informasi tagihan PBB langsung melalui email, sehingga memudahkan Anda untuk memantau dan melakukan pembayaran tepat waktu.
  • Cek website Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk informasi lebih lanjut terkait PBB dan tarif bunga terbaru.

Memahami tarif bunga PBB dan menerapkan tips di atas tidak hanya dapat membantu Anda menghindari denda keterlambatan, tetapi juga berpotensi memperoleh imbalan bunga atas kelebihan pembayaran. Dengan demikian, Anda dapat berkontribusi terhadap pembangunan negara dan sekaligus mendapatkan keuntungan finansial.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Member MNCo Education
Idul Fitri