Biaya Promosi yang Dapat Dikurangkan dari Pajak: Wajib Pajak Wajib Tahu!

Setiap wajib pajak yang melakukan kegiatan promosi produk atau jasa, wajib memahami ketentuan tentang biaya promosi yang dapat dikurangkan dari pajak. Hal ini penting untuk dilakukan agar wajib pajak dapat mengurangi beban pajak yang harus dibayarkan.
Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 02/PMK.03/2010, biaya promosi yang dapat dikurangkan dari penghasilan bruto meliputi:

  • Biaya periklanan di media elektronik, media cetak, dan/atau media lainnya
  • Biaya pameran produk
  • Biaya pengenalan produk baru
  • Biaya sponsorship yang berkaitan dengan promosi produk

Biaya promosi yang tidak dapat dikurangkan dari penghasilan bruto meliputi:

  • Pemberian imbalan berupa uang dan/atau fasilitas, dengan nama dan dalam bentuk apapun, kepada pihak lain yang tidak berkaitan langsung dengan penyelenggaraan kegiatan promosi
  • Biaya promosi untuk mendapatkan, menagih, dan menelihara penghasilan yang bukan merupakan objek pajak dan yang telah dikenai pajak bersifat final

Wajib pajak yang ingin biaya promosinya dapat dikurangkan dari penghasilan bruto, wajib memenuhi persyaratan berikut:

  • Membuat daftar nominatif atas pengeluaran biaya promosi yang dikeluarkan kepada pihak lain. Daftar nominatif iniĀ harus memuat data penerima berupa nama, Nomor Pokok Wajib Pajak, alamat, tanggal, bentuk dan jenis biaya, besarnya biaya, nomor bukti pemotongan dan besarnya Pajak Penghasilan yang dipotong.
  • Melaporkan daftar nominatif tersebut sebagai lampiran saat wajib pajak menyampaikan SPT Tahunan PPh Badan.

Jika syarat pembuatan dan pelaporan daftar nominatif tidak dipenuhi, biaya promosi tidak dapat dikurangkan dari penghasilan bruto.

Dengan memahami ketentuan tentang biaya promosi yang dapat dikurangkan dari pajak, wajib pajak dapat mengurangi beban pajak yang harus dibayarkan. Oleh karena itu, wajib pajak harus mempelajari ketentuan tersebut dengan seksama.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka chat
Hubungi Kami
Sharing Pajak MNCo
Selamat Datang di Sharing Pajak MNCo.
Ada yang bisa kami bantu?