Perbandingan Utang dan Modal Wajib Pajak Badan: Ketahui Ketentuan dan Implikasinya

Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-25/PJ/2017 mengatur tentang pelaksanaan penentuan besarnya perbandingan antara utang dan modal perusahaan untuk keperluan penghitungan pajak penghasilan dan tata cara pelaporan utang swasta luar negeri. Peraturan ini diterbitkan untuk memberikan kepastian hukum bagi wajib pajak badan dalam memperhitungkan biaya pinjaman dalam menghitung penghasilan kena pajak.

Perbandingan antara utang dan modal adalah rasio antara total utang perusahaan dengan total modal perusahaan. Biaya pinjaman yang ditanggung wajib pajak badan yang dapat dikurangkan dari penghasilan bruto dalam menghitung penghasilan kena pajak dihitung berdasarkan perbandingan antara utang dan modal.

Biaya pinjaman yang dapat dikurangkan dari penghasilan bruto meliputi:

  • Bunga pinjaman
  • Diskonto dan premium yang terkait dengan pinjaman
  • Biaya tambahan yang terjadi yang terkait dengan perolehan pinjaman (arrangement of borrowings)
  • Beban keuangan dalam sewa pembiayaan
  • Biaya imbalan karena jaminan pengembalian utang
  • Selisih kurs yang berasal dari penyesuaian terhadap biaya pinjaman

Perbandingan antara utang dan modal paling tinggi yaitu sebesar empat dibanding satu (4:1). Apabila perbandingan antara utang dan modal wajib pajak melebihi besarnya perbandingan tersebut, maka biaya pinjaman yang dapat diperhitungkan dalam menghitung penghasilan kena pajak adalah sebesar biaya pinjaman sesuai dengan perbandingan antara utang dan modal.

Ketentuan tentang perbandingan antara utang dan modal memiliki implikasi penting bagi wajib pajak badan. Wajib pajak badan harus memperhatikan ketentuan ini agar dapat memperhitungkan biaya pinjaman secara optimal.

Demikian informasi tentang perbandingan utang dan modal wajib pajak badan. Semoga bermanfaat. Silakan bagikan informasi ini kepada rekan-rekan Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka chat
Hubungi Kami
Sharing Pajak MNCo
Selamat Datang di Sharing Pajak MNCo.
Ada yang bisa kami bantu?