Komwasjak: Langkah Strategis untuk Meningkatkan Tata Kelola Perpajakan di Indonesia

Pernahkah Anda merasa khawatir tentang tata kelola Perpajakan di Indonesia? Apakah Anda merasa bahwa kebijakan dan administrasi Perpajakan masih belum adil dan transparan? Jika ya, Anda mungkin senang mengetahui bahwa ada komite baru yang dibentuk untuk mengawasi aspek strategis bidang Perpajakan.

Komite Pengawas Perpajakan (Komwasjak) adalah komite nonstruktural yang bersifat independen. Tujuannya adalah untuk mendorong terwujudnya tata kelola Perpajakan yang baik, meningkatkan kualitas kebijakan dan administrasi Perpajakan, mendorong keadilan kebijakan dan administrasi Perpajakan, dan meningkatkan kepatuhan sukarela Wajib Pajak.

Komwasjak memiliki fungsi yang luas, yaitu:

  • Pengkajian terhadap kebijakan, sistem, dan peraturan perundang-undangan di bidang Perpajakan, untuk memastikan bahwa kebijakan dan peraturan Perpajakan sudah sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola yang baik.
  • Evaluasi risiko strategis terkait kebijakan dan administrasi Perpajakan, untuk mengidentifikasi dan mitigasi risiko yang dapat menghambat pencapaian tujuan Perpajakan.
  • Pemberian masukan atas rencana strategis Perpajakan dan strategi pencapaiannya, untuk memastikan bahwa rencana strategis Perpajakan sudah realistis dan dapat dicapai.
  • Penerusan seluruh pengaduan terkait Perpajakan dan pemantauan tindak lanjut penanganan pengaduan, untuk memastikan bahwa pengaduan Wajib Pajak ditindaklanjuti secara transparan dan akuntabel.
  • Komunikasi dan/atau publikasi tugas dan fungsi Komwasjak, untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang peran Komwasjak.
  • Fungsi lain yang diberikan oleh Menteri atau Wakil Menteri, untuk mendukung pelaksanaan tugas Komwasjak.

Komwasjak adalah langkah strategis dalam upaya meningkatkan tata kelola Perpajakan di Indonesia. Dengan adanya komite ini, diharapkan dapat tercipta Perpajakan yang lebih baik, adil, dan transparan.

Semoga bermanfaat
Selamat beraktivitas dan Terima Kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka chat
Hubungi Kami
Sharing Pajak MNCo
Selamat Datang di Sharing Pajak MNCo.
Ada yang bisa kami bantu?