Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor Terbaru 2023

Pajak kendaraan bermotor (PKB) adalah pajak yang dikenakan atas kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor. Dasar pengenaan PKB dihitung berdasarkan jenis kendaraan bermotor dan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB).

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2023 Tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dan Pajak Alat Berat Tahun 2023, jenis kendaraan bermotor yang dikenakan PKB meliputi:

  • Mobil penumpang
  • Bus
  • Mobil barang
  • Mobil roda tiga
  • Sepeda motor roda dua
  • Sepeda motor roda tiga

NJKB ditetapkan berdasarkan harga pasaran umum kendaraan bermotor pada minggu pertama bulan Desember 2022. Harga pasaran umum kendaraan bermotor tersebut diperoleh dari data-data yang dikumpulkan oleh Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan.

Tarif PKB untuk setiap jenis kendaraan bermotor berbeda-beda. Tarif PKB ditetapkan oleh pemerintah daerah dan dapat bervariasi sesuai dengan kondisi masing-masing daerah. Berikut adalah tabel tarif PKB rata-rata untuk setiap jenis kendaraan bermotor:

Jenis Kendaraan BermotorTarif PKB (%)
Mobil penumpang2 %
Bus2,5 %
Mobil barang3 %
Mobil roda tiga2 %
Sepeda motor1,5 %

Perhitungan dasar pengenaan PKB dilakukan dengan cara mengalikan NJKB dengan bobot kendaraan bermotor. Bobot kendaraan bermotor adalah angka yang mencerminkan tingkat kerusakan jalan dan/atau pencemaran lingkungan akibat penggunaan kendaraan bermotor tersebut. Berikut adalah tabel bobot rata-rata untuk setiap jenis kendaraan bermotor:

Jenis Kendaraan BermotorBobot Kendaraan Bermotor
Mobil penumpang1
Bus1,25
Mobil barang1,5
Mobil roda tiga1
Sepeda motor0,75

Contoh perhitungan dasar pengenaan PKB:

  • Mobil penumpang dengan NJKB Rp100.000.000,- dan bobot 1, maka dasar pengenaan PKB-nya adalah Rp100.000.000,- x 1 = Rp100.000.000,-.
  • Bus dengan NJKB Rp150.000.000,- dan bobot 1,25, maka dasar pengenaan PKB-nya adalah Rp150.000.000,- x 1,25 = Rp187.500.000,-.

Setelah dasar pengenaan PKB diketahui, maka selanjutnya dapat dihitung besaran PKB yang terutang dengan cara mengalikan dasar pengenaan PKB dengan tarif PKB.

PKB merupakan salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang penting bagi pemerintah daerah. Pendapatan dari PKB ini digunakan untuk membiayai pembangunan dan penyelenggaraan pelayanan publik di daerah.

Oleh karena itu, penting bagi para pemilik kendaraan bermotor untuk memenuhi kewajibannya dalam membayar PKB. Pembayaran PKB dapat dilakukan melalui bank-bank yang ditunjuk oleh pemerintah daerah.

Semoga bermanfaat
Selamat beraktivitas dan Terima Kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka chat
Hubungi Kami
Sharing Pajak MNCo
Selamat Datang di Sharing Pajak MNCo.
Ada yang bisa kami bantu?